Perilaku Organisasi FAP #3 Proses Perilaku Manusia dalam Organisasi

Ada beberapa perbedaan yangg terjadi dalam Organisasi , perbedaan tersebut sering kali membuat kericuhaan dalam sebuah kelompok / organisasinya . berikut adalah beberapa perbedaan yang terjadi alam organisasi .

Faktor utama penyebab perbedaan individu dalam organisasi adalah kepribadian. Kepribadian masing-masing individu berbeda, masing-masing individu mempunyai kepribadian yang khas dan unik dikarenakan mempunyai latar belakang yang berbeda (terbentuk karena latar belakang demografi), latar belakang demografi mencakup usia, ras dan gender. Latar belakang demografi ini mempengaruhi kemampuan dan keterampilan seseorang dan juga pengambilan keputusan dalam bekerja. dan ada beberapa generasi kelahiran yang dikatakan kelahiran X “baby booms” yaitu sekitaran tahun 60-80an . lalu ada gender “y” yaitu tahun 80-2000 an dan “z” adalah tahun 2000 sampai seterusnya . perbedaan gender ini sering kali membuat konflik antar anggota kelompok karna faktor usia dan pengalaman kerja , banyak pula atasan kerja atau gender “x” tidak mau menderngarkan pendapat gender “y” karna merasa dirinya banyak pegalaman kerja dibanding gender “y” , sedangkan gender “y” karnda hidup di dalam zaman technologi yang lebih canggih dan komunikasi menjadi lebih terjalin membuat gender “y” merasa lebih mengetahui informsi dari sumber sumber technologi .

Walaupun dalam suatu organisasi terdapat perbedaan antar anggotanya namun mustahil bahwa tujuan organisasi tersebut tidak akan tercapai hanya dikarenakan oleh perbedaan-perbedaan itu. Perbedaan-perbedaan itu harus dihilangkan dalam rangka profesionalisme kerja dan pencapaian tujuan organisasi.

Salah satu cara menghilangkan perbedaan-perbedaan antar anggota dalam organisasi adalah meninjau tingkat kepuasan kerja. Kita bisa mengatasi perbedaan individu dalam suatu organisasi dengan cara meninjau tingkat kepuasan kerja mereka. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah hubungan antar anggota, individu itu sendiri dan faktor dari luar ( Harold E.Burt). Disini maksud dari hubungan antar anggota adalah kita dapat mengadakan outbound atau mengadakan rekreasi bersama supaya relasi antar anggota semakin erat. Kegiatan outbound/rekreasi juga bertujuan untuk menyegarkan individu dari masalah-masalah terutama masalah yang ada dalam organisasi. Dalam kegiatan-kegiatan ini individu tidak hanya terkena di aspek psikomotoriknya saja namun juga afeksi dan kognisinya, sehingga selain hubungan antar anggota organisasi terjalin semakin baik, kualitas anggotapun juga akan semakin meningkat, dengan begitu tujuan suatu organisasi akan cepat tercapai.

Saran : Menurut pendapat saya di setiap organisasi akan ada yang nama nya perbedaan baik itu perbedaan dalam pendidikan , latar belakang, jenis kelamin, ras,agama,fisik, perekonomian  dan sebagainya . dan perbedaan itu sering kali membuat konflik dalam organisasi baik itu konflik dari luar atau dari dalam . perbedaan gender kelahiran juga sering membuat perdebatan yang panjang , yaitu jika seorang atas “x” membpunyai pendapat dan “y” tidak terima apa yang harus dilakukan ?

  • yaitu dengan cara berkomunikasi yang baik , menurun kan ego, dan kembali pada visi dan misi perusahaan tersebut , mengingat pentingnya mencapai tujuan persuhaan sebaiknya dijalin kerja sama yang lebih baik membagi pengalaman dan membagi infomasi yang lebih terbaru , jadi kembali ke visi dan misi perusahaan dan tujuan berama .

berinteraksi, bersikap, dan berperilaku dengan cara yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s