Perilaku Organisasi FAP #2 (Proses Perilaku Manusia MEliouti Dasar Kemampuan Kompetensi dan Kepribadian)

Nama : Intan Pertiwi

NPM : 1214210149

Universitas pancasila fakultas Ekonomi dan Bisnis

Menganalysa kasus.

 

Proses Perilaku Manusia Meliputi Dasar Kemampuan Kompetisi Dan Kepribadian.

Pada hakekatnya manusia mempunyai jiwa manajer dalam dirinya tergantung manusia itu sendiri yang mengolah kepribadiannya .

Pedahuluan

 

Sebelumnya saya berterimakasih karna telah di izkin kan untuk menulis blog ini dan dalam blog ini Saya akan menganalysis kasus dari  Community Dance hip-hop yang di dalam nya terdapat beberapa aspek aspek Organisasi dan Manager .

 

Rumusan Masalah :

Mengapa community dance hip-hop dapat dikatakan salah satu Organisasi?

Hal apa saja yang menyangkut dalam Dance community tersebut segingga dapat ikatakan seorang Managers .

 

Latar Belakang :

Community Dance ini pada awalnya di dirikan hanya pada satu sekolah SMA saja yaitu SMA 81 di Jakarta timur . awal di dirikan dance ini hanya untuk hoby menyalurkan bakat dan seiring berjalannya waktu seorang pemuda bernama Vertunatus Aloysius mempunya planning ingin membuat dance Community Yang berkualitas Internasional dan Terstruktur sebagai sebuah Organisasi sehingga di dalamnya Kita hanya tidak Mempelajari Dance tetapi juga Cara berorganisasi yang baik dan benar untuk lingkungan kehidupan nyata kedepannya . Nama Community ini adalah Felquatro Dance Empire (FDE). Yang awalnya hanya berdiri satu tim sekarang menjadi 9 tim yaitu :

SMA 81 JKT  FRIVLOUZ

SMA 42 JKT DELVIGNITE

SMA 48 JKT FVRENZIE

SMA 26 JKT DETAK

SMA 68 ROXXELS

SMA 67 JKT GLADIVAYZ

UNIVERSITAS INDONESIA VISMOD

UNIVERSITAS INTERSTUDI INMODE

DAN KUMPULAN TIM FE YAITU MAZZELTOV.

 

I . Menganalysis Kasus ke dalam Prinsip Organisasi

Organisasi  Didalam Berorganisasi Harus ada Beberapa Aspek yang mecakupi , salah satunya adalah ;

  1. Harus mempunyai visi dan Misi yang sama

VISI : Pada Community Dance FDE ini mempunya VIsi dan Misi yang sama dengan anggotanya yaitu untuk memajukan kreatiitas anak bangsa dengan cara menyalurkan minat dan bakat mereka sama seni Tari yaitu HIP HOP DANCE dan mecapai go internasional.

Misi : Misi nya dengan cara mengumpulkan orang orang yang berminat dan mempunya passion dalam dance dan keinginan yang tinggi dalam mengasah bakatnya untuk menjadi dancer yang lebih baik bukan hanya di dalam negri tetapi juga go Internasional.

  1. People

Dalam community terdapat beberapa people yang mempunyai passion di dance antara nya :

 

SMA 81 JKT  FRIVLOUZ

SMA 42 JKT DELVIGNITE

SMA 48 JKT FVRENZIE

SMA 26 JKT DETAK

SMA 68 ROXXELS

SMA 67 JKT GLADIVAYZ

UNIVERSITAS INDONESIA VISMOD

UNIVERSITAS INTERSTUDI INMODE

DAN KUMPULAN TIM FE YAITU MAZZELTOV.

Dan masing masing tim mempunyai Generasi Penerus dan Founder atau Pendiri team tersebut jadi system FDE ini adalah generation.

  1. System atau peraturan

Dalam Community Dance ini FDE , mempunya bebrapa peraturan salah satunya yaitu:

  • Tidak diperbolehkan berprilaku negative saat berada di Community tersebut.
  • Merokok
  • Narkoba
  • Minuman keras
  • Sx bebas
  • Dan sebagainya
  • Tidak boleh dance sembarang tanpa seizin Coach (untuk menghindari copy dance di luar sana )
  • Tidak diperbolehkan berpacaran sesame anggota dance (dapat memicu ke renggangan social )
  • Mempunyai Manner an Attitude yang telah di tetap kan oleh FDE
  • Bisa menguasai Standart Dance yang ada.
  • Dan sebagainya

Dan dari segi Strukturnya :

Dari segi Pendiri Pertama yaitu : Venanzious Fortunatus Aloysius

Assistant pendiri : Arfan Darmawan

Para ketua tim (manager):

Dari masing masing tim tersebut ada satu ketuanya yang dapat dikatakan sebagai Manager (founder  dari tim tersebut )

Dan anggotanya : dari masing masing generasi team tersebut mempunyai anggota dan tugas masing masing yang telah ditetapkan manager dan disetujui oleh atasan paling atas yaitu Ka alloy .

  1. Technologi ;

Fde menggunakan technologi yang canggih yaitu , ada speaker kualitas terbaik karna ini unsur penting dalam dance lalu ada  kamera untuk merekam gerakan dance sebagai evaluasi , laptop untuk mengburn music dan membuat music sendiri , endingin ruangan yang dapat isesuaikan untuk dance , dan sebagainya

  1. Value dan Culture

FDE menerapkan system nilai yang berbeda dair dance lain yaitu adalah merubah pola piker dan kerpibadian yang buru menjadi lebih baik lagi baik itu manner atau pun attitude di depan orang , respect terhaap orang lain , menjadi orang yang mau menerima masukan orang dan selalu berintropeksi diri serta rendah hati , menjadi ssok yang tidak pantang semngat dalam hal apapun , menjadin orang yang tidak boros dan dapat memanfaaatkan waktu semaksimal mungkin ,dan masih banyak nilai / value yang lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Dari Segi Mangers:

  1. PLANNING : Perencanaan ialah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

Dalam FDE ini mempunyai planning yang sama yaitu memajukan dancer yang ada pada Indonesia mencapai go internasional . contoh kecilnya adalah mencari lomba lomba dance yang ada dan memnangkan nya guna nya untuk membangun tim lebih baik sekaligus mempromosikan tim dance tersebut .

  1. Organizing (pengorganisasian)

Adalah keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengelompokkan orang-orang serta  penetapan tugas, fungsi, wewenang, serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitas-aktivitas yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang jelas ditentukan terlebih dahulu.  dan Dalam FDE sudah mempunyai Tugas dan peran amsing masing yang sudah ditetapkan bersama . contohnya dalam sebuah tim ada yang bertugas sebagai leader yang mengurus anggotanya dan anggotanya mempunyai tugas masing masing ada bagian yang mempromosikan ada humas lomba ada humas jadwal latihan humas costume humas location lomba dan sebaginya dikerjakan bersama sama .

  1. Commanding :

Directing atau Commanding dama FDE

Ialah berfungsi untuk mengkoordinasi kegiatan berbagai unsur organisasi agar dapat efektif tertuju kepada realisasi tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

  1. Leading

Pekerjaan leading meliputi 5 macam kegiatan dalam FDE, yakni :

Mengambil keputusan, Mengadakan komunikasi agar ada bahasa yang sama antara manajer dan bawahan ,Memberi semangat inspirasi dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak,Memilih orang-orang menjadi anggota kelompoknya, sertaMemperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha memcapai tujuan yang telah ditetapkan. 7.

  1. Coordinating

Yakni berfungsi untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan,  percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatu-padukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan. Suatu usaha yang terkoordinir ialah dimana kegiatan karyawan itu sangat harmonis, terarah dan diintergrasikan menuju tujuan  bersama, sehingga diperoleh kesatuan bertidak dalam usaha mencapai tujuan organisasi. 8.

  1. Motivating (pendorongan kegiatan)

Fungsinya berupa pemberian inspirasi, penyemangat, dan dorongan kepada bawahan, agar  bawahan melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang dikehendaki oleh atasan tersebut.

  1. Controlling

Yaitu berfungsi mengadakan penilaian dan sekaligus bila perlu mengadakan koreksi sebagai apa saja yang sedang dilakukan bawahan dapat di arahkan kejalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah di gariskan semula. 10.

  1. Reporting ( Pelaporan )

Merupakan salah satu dari fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi baik secara lisan maupun tulisan sehingga yang menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan berupa visual atau lisan .

SARANA MANAJEMEN

 

Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (

Tools)

Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu

men, money, materials, machines, method, dan markets

  1. Man

Merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan. dan dalam FDE ini terdapat kerja sama dan keinginan tinggi untuk mencapai tujuan yang sama.

2.Money

Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang  beredar dalam  perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional . misalnya biaya untuk membeli costume , menyewa tempat latihan ,membeli property, membuat poster dan pamphlet untuk promosi, dan uang untuk transfport, uang pembayaran lomba, uang menang lomba dan sebaginya.

3.Material

Terdiri dari bahan setengah jadi (raw material ) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

Dalam FDE material yang dikatakan setengah ajdi adalah : Koreografi dan music yang dibuat sendiri dan bahan bahan costume.

  1. Machine

Mesin digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih  besar serta menciptakan efesiensi kerja. Seperti speaker , audio , kamera ,dan laptop

  1. Metode

Adalah suatu tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajer. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha.

  1. Market

Pasar adalah tempat di mana organisasi menyebarluaskan (memasarkan) produknya. Dalam FDE tempat untuk memsarkan nya ada lah di tempat lomba atau event event terntentu .

Menurut Sugiyanto Wiryoputrao

dalam buku”Dasar-dasar Manajemen”

, yang menjadi tugas atau pekerjaan dari manajer itu adalah sebagai berikut : 1.Kepala dalam organisasi

2.Pemimpin dalam organisasi.

3.Wakil organisasi dalam bertindak keluar.

4.Penerima informasi.

5.Penerjemah informasi untuk disampaikan kepada bawahan.

6.Juru bicara atau humas organisasi.

7.Wirausaha.

8.Penangkal gangguan organisasi.

9.Pembagi sumber daya dalam organisasi.

10.Negosiator bagi organisasi. Peran dari seorang manajer (

Management Role) antara lain adalah sebagai berikut:

1.Interpersonal Role

Manajer harus bisa mempunyai peran berhubungan dengan pihak-pihak lain.

 Figur Head  : manajer harus bisa mewakili unit yang dipimpinya.

Leader : manajer harus bisa memimpin bawahanya secara efektif.

 Liaison: manajer bisa menjadi penghubung dengan unit/organisasi yang lain.

2.Informational Role

(peran informasi)

Monitoring : manajer harus bisa berperan memonitor kegiatan-kegiatan unit yang dipimpinya dalam rangka aktivitas produksi dan pengumpulan data.

 Disseminator : manajer harus berperan menyampaikan informasi yang dikumpulkanya kepada pihak yang membutuhkannya.

Spoke person : manajer harus berperan menyampaikan kebijakan/keputusan  pimpinanya yang lebih tinggi kepada bawahan yang dipimpinnya dengan cara yang mudah dimengerti (bisa menyampaikan keinginan, aspirasi, dan usul kepada  pimpinan).

3.Decision Making

Manajer harus berperan mengambil keputusan dari persoalan-persoalan yang muncul di unit organisasi yang dipimpinya. Setiap keputusan mengandung resiko yang harus diperhitungkan. Tetapi, seorang manajer tidak boleh mundur untuk mengambil keputusan.

Enterperneur (pengusaha) : manajer harus berperan melihat peluang-peluang yang muncul, mengambil keputusan untuk memanfaatkan peluang-peluang tersebut bagi organisasi/unit yang dipimpinya.

Disturbance Handler : manajer harus berperan mengambil keputusan untuk mengatasi gangguan-gangguan.

Resource Allocator : manajer harus berperan mengambil keputusan alokasi sumber daya.

 Negotiator : manajer harus berperan mengambil keputusan dalam berunding dengan unit-unit yang lain.

11 Menurut Sugiyanto Wiryoputro peran dari manajer, yang disadurnya dari Ranupandojo, yaitu sebagai berikut :

1.Sebagai produser

2.Sebagai administrator.

  1. Sebagai entrepreneur.

4.Sebagai integrator.

Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh  peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok.

1.Peran antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah,  pemimpin, dan penghubung.

2.Peran informasional, meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara

3.Peran pengambilan keputusan, meliputi peran sebagai seorang wirausahawan,  pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding. Mintzberg kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh manajer adalah berinteraksi dengan orang lain.

HUBUNGAN MANAJER DAN MANAJEMEN

Manajer dalam hubungan dengan menajemen menjelaskan tentang substansi tugas yang ada padanya. Pada satu sisi, manajer ada pada posisi tugas pelaksana kepemimpinan dengan membantu pemimpin memimpin pekerjaan yang bersifat departemenal. Di sini manajer adalah kepala atau pemimpin suatu departemen atau unit kerja dalam suatu organisasi. Pada sisi yang bersifat lebih substansial, manajemen adalah tugas seorang manajer yang  berhubungan dengan pelaksanaan tugas kepemimpinan pada aras manajerial. Tentu tatkala melaksanakan tugasnya, manajer memanejemeni, tetapi perbedaannya, ialah bahwa ia memanejemeni tugasnya atas nama pemimpin yang mendelegasikan tugas manajerial kepadanya.

14

SUMBER:

http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

http://kedaiinformasiku.com/pengertian-manajemen/

http://karodalnet.blogspot.com/2013/02/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html

http://www.ensiklopedia1.com/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli/

http://openmind4shared.blogspot.com/2013/02/pengertian-dan-definisi-manajemen.html

http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2103419-pengertian-manajer/#ixzz2fPPqDWTB

http://kamusbahasaindonesia.org/manajer#ixzz2fPRTdnus

http://indonesiaindonesia.com/f/98357-pengertian-manajer/

http://gokilabest.blogspot.com/2013/01/tugas-dan -fungsi-seorang-manajer.html

http://studimanajemen.blogspot.com/2012/09/fungsi-tugas-dan-peran-manajer.html

http://inspirasiku-vindy.blogspot.com/2012/12/manajemen-dan-manajer.html

Oxford Learner’s Pocket Dictionary: Third Edition,

Oxford University Press, tahun 2004  .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s